Si Tam-tam dan Si Bul-bul Maskot dari Pantai Glagah Wangi Istambul Demak

Destinasi wisata apapun, tidak lengkap tanpa adanya maskot wisata. Tidak terkecuali Pantai Glagah Wangi atau yang lebih dikenal sebagai Pantai Istambul yang berada di Desa Tambakbulusan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. Keberadaan maskot amat penting peranannya. Maskot inilah yang nantinya akan membantu menarik hati wisatawan terlebih anak-anak agar selalu betah dan tidak bosan untuk datang berkali-kali sembari menikmati panorama dan wahana yang ada. Selain itu, maskot juga digunakan sebagai media promosi untuk memperkenalkan lebih luas ke khas-an sebuah destinasi wisata atau perbedaannya dengan destinasi wisata lainnya.

Untuk maskot destinasi wisata yang pada tahun 2020 ini masuk ke dalam salah satu nominasi di Anugerah Pesona Indonesia (API) dengan kategori Destinasi Wisata Terpopuler mempunyai dua maskot yang telah diperkenalkan pada malam pergantian tahun 2020.

Siapa saja?

Dari hasil wawancara dengan Pak Musa selaku Ketua BUMDes Desa Tambakbulusan pada 27 Juli 2020, Pantai Glagah Wangi memiliki dua maskot yang khas dan lucu yaitu si Tam-tam dan Si Bul-bul.

Yuk kenalan dengan mereka!

1.Tam-tam

Si Tam-tam ini memiliki wajah ceria juga si pemberani yang hebat yang sangat menginspirasi bagi anak-anak. Tam-tam juga merupakan seekor kepiting bakau (Scylla serrate). Kepiting bakau merupakan salah satu hewan yang banyak ditemukan di wilayah mangrove. Oleh Masyarakat sekitar pantai, biasanya diambil langsung dari alam atau dibudidayakan. Nantinya, kepiting bakau inilah yang menjadi salah satu produk kuliner seafood yang sangat diminati oleh wisatawan.

2.Bul-bul

Bul-bul selain lucu juga terkenal dengan kegesitannya. Bul-bul merupakan seekor udang vanamei (Littopeneus Vannamei) yang memiliki nilai jual tinggi dan salah satu komoditi ekspor andalan Indonesia. Masyarakat Desa Tambakbulusan dan sekitarnya sudah terbiasa membudidayakan komoditas ini. Biasanya, udang vanamei dijual segar atau dijadikan olahan kuliner yang sangat khas dan juga menjadi andalan.

Kedua Maskot tersebut diambil dari nama desa sebagai tempat dimana lokasi wisata berada yaitu Desa Tambakbulusan (tam dan bul).

Nah, setelah mengenal kedua maskot tersebut, kamu sudah siap mengajak keluarga untuk foto bersama dengan maskot dan mencicipi semua kuliner khas yang ada di Pantai Tambakbulusan? Yuk dari sekarang di rencanakan!

Dan jangan lupa dukung Pantai Glagah Wangi di API 2020 melalui cara berikut.

1.Melalui SMS

Ketika API (spasi)17F Kirim ke 99386

2.Melalui Instagram

Follow akun @APIaward

Cari Image/gambar Pantai Glgah Wangi klik Like/Love

3.Melalui Youtube

Subscribe channel @APIaward

Cari Video Nominasi sesuai Kategori dan Nominasi

4.Melalui Web dan Applikasi (Pemberitahuan berikutnya)

Pastikan kamu memeberikan dukunganmu dan jangan sampai terlewatkan!