Data Kependudukan

Jumlah Penduduk

  • Laki-laki: 1098
  • Perempuan :1085

Desa Tambakbulusan pada tahun 2018 memiliki jumlah penduduk sebesar 2.183 jiwa. Terdiri dari 1.098 jiwa  berjenis kelamin laki-laki dan 1.085 jiwa  berjenis kelamin perempuan. Jumlah rumah tangga di Desa Tambakbulusan sebanyak 578.

Kepadatan penduduk: 430 jiwa/km2

Kelahiran dan Kematian (Tahun 2018)

  • Jumlah kelahiran: 36 jiwa
  • Jumlah kematian: 10 jiwa

Migrasi (Tahun 2018)

  • Migrasi masuk: 0
  • Migrasi keluar: 50 jiwa

Berkurangnya jumlah penduduk dapat berdampak pada kurangnya ketersediaan sumber daya manusia yang ada di Desa Tambakbulusan. Hal ini diperparah apabila para masyarakat usia produktif banyak yang keluar daerah menyebabkan desa kekurangan tenanga kerja produktif. Tingginya angka jumlah penduduk yang keluar dapat disebabkan oleh kurangnya lapangan pekerjaan di daerah asalnya dan keinginan meningkatkan taraf  ekonomi.

Piramida penduduk diatas, rasio ketergantungannya sebesar 46% artinya setiap 100 orang yang berusia kerja (dianggap produktif rentang usia 15-64 tahun) mempunyai tanggungan sebanyak 46 orang yang belum produktif dan dianggap tidak produktif

Berdasarkan diagram jumlah penduduk usia 10 tahun ke atas menurut mata pencaharian tahun 2018 menunjukan Desa Tambakbulusan di dominasi masyarakat yang bermatapencaharian sebagai buruh tani yaitu sebesar 54%. Buruh tani yang dimaksud yaitu buruh petani tambak. Sedangkan jumlah petani tambak jauh lebih sedikit. Hal ini menunjukan bahwa kepemilikan lahan tambak hanya dimiliki oleh segelintir orang, sedangkan kebanyakan lainnya menjadi buruh tani.

Berdasarkan data jumlah penduduk usia 10 tahun ke atas menurut pendidikan yang ditamatkan tahun 2018, Desa Tambakbulusan di dominasi oleh masyarakat dengan lulusan sekolah dasar. Semakin mengarah ke pendidikan yang lebih tinggi jumlahnya menurun.

 

Sumber : Karangtengah dalam Angka Tahun 2019